Presiden Jokowi Resmikan Pengembangan Prukades Terintegrasi di KTM Mesuji


  Selasa, 23 Januari 2018 Kegiatan Ditjenpktrans

Model kewirausahaan pertanian terintegrasi di Kawasan Transmigrasi  (KTM) Mesuji Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung ini bisa menjadi inspirasi dalam pengembangan model bisnis serupa dapat direplikasi di kawasan transmigrasi di Indonesia.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan KTM Mesuji di Kabupaten Mesuji ini sudah berhasil karena mampu memberikan kontribusi beras Indonesia sebanyak 766.000 ton per tahun. Peningkatan ekonomi dapat dirasakan masyarakat di sekitar KTM Mesuji.

"Daerah transmigran bukan cuma di Lampung saja. Karena daerah lain di Pulau Sumatra dan Pulau Kalimantan juga banyak daerah transmigrasi. Sehingga Kabupaten Mesuji ini bisa menjadi contoh pengembangan KTM," Kata  Eko Putro Sandjojo Minggu (21/1).

Petani di Mesuji menjadi lebih sejahtera, daerahnya lebih maju, mengurangi arus migrasi dari desa ke kota, serta mengurangi kemiskinan dan menciptakan lapangan pekerjaan di desa Kawasan transmigrasi.

Kawasan Tranmigrasi (KTM) Mesuji di Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung mendapat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Minggu (21/1). P KTM Mesuji  merupakan salah satu dari 13 KTM telah mampu memberikan kontribusi beras Indonesia sebanyak 766.000 ton per tahun. 

Eko Putro Sandjojo mengatakan, KTM Mesuji telah banyak kontribusi beras Indonesia. Sehingga KTM Mesuji memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat.

"Implementasi kewirausahaan pertanian terintegrasi di KTM Mesuji didasari oleh pelaku industri pertanian di kawasan ini. Dengan sawah seluas 41.354 hektar (Ha) dan produksi 210.903 ton (dalam 1,5 masa tanam),"

Dengan demikian, pendapatan petani dari on farm rata-rata sebesar Rp 2,9 juta per bulan. Itu lebih tinggi dibandingkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kabupaten Mesuji Rp 1,9 juta per bulan.

 

 

 

Sumber: http://indopos.co.id/read/2018/01/21/124566/ktm-mesuji-bisa-menjadi-contoh-daerah-lain