Pesona Lada Mahalona


  Selasa, 18 Agustus 2020 Berita Ditjenpktrans

Kawasan Transmigrasi Mahalona terletak di Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Kawasan yang satu ini tekenal dengan komoditas unggulannya berupa lada, bahkan sudah menembus event internasional di acara Archipelago Expo yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Lada atau merica, Mahalona di petik  dari  kebun Lada yang berada di Kawasan Transmigrasi  Mahalona, Kec. Towuti, Kabupaten. Luwu timur. Lada Mahalona diolah dan dikemas dengan  higenis, dengan harga terjangkau dan ekonomis Lada Mahalona dikemas dalam bentuk botol dan sachet, ada yang bubuk,biji, serta lada hitam dan lada putih.

 

Mahalona berjarak sekitar 34 kilometer dari Ibukota kecamatan. Penduduknya, pada umumnya adalah petani. Kawasan ini juga merupakan salah satu unit pemukiman transmigrasi (UPT) di Luwu Timur. Mahalona dihuni oleh orang-orang dari beragam suku dan etnis. Bugis, Makassar, Jawa, dan Bali. Untuk menuju ke sana, kita akan membelah hutan, melewati jalan yang belum beraspal. Kubangan air dan lumpur, jembatan dari dua belahan pohon, adalah pemandangan yang lazim. 

Lada Mahalona sudah mendapat ijin resmi dari pemerintah dengan Lisensi LP.POM MUI No. 06200009860517, PIRT NO. 2127325010483-22. Lada atau merica (Piper nigrum L.) adalah rempah-rempah berwujud bijian yang dihasilkan oleh tumbuhan dengan nama sama. Lada sangat penting dalam komponen masakan dunia dan dikenal luas sebagai komoditi perdagangan penting di Dunia Lama. 

Lada disebut sahang dalam bahasa Melayu Lokal seperti bahasa Banjar, Melayu Belitung, Melayu Sambas, dan Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur Khususnya Mahalona. I. Klasifikasi Ilmiah - Kerajaan: Plantae - Divisi: Magnoliophyta - Kelas: Magnoliopsida - Ordo: Piperales - Famili: Piperaceae - Genus: Piper - Spesies: P. nigrum Nama binomial - Piper nigrum L. Galeri.

Lada disebut sahang dalam bahasa Melayu Lokal seperti bahasa Banjar, Melayu Belitung, Melayu Sambas, dan Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur Khususnya Mahalona. Untuk periode panen budiaya lada padat disesuaikan dengan iklim setempat, varietas lada atau merica yang di budidayakan dan intensitas perawatannya.Lada disebut sahang dalam bahasa Melayu Lokal seperti bahasa Banjar, Melayu Belitung, Melayu Sambas, dan Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur khususnya Mahalona.