Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX Tahun 2018


  Senin, 22 Oktober 2018 Kegiatan Ditjenpktrans

Badung (19/10/2018)

Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX, dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PINDesKel) 2018 di Kabupaten Badung, Bali, Jumat, 19 Oktober 2018. Acara dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam sambutannya mengatakan penggunaan dana desa harus tepat sasaran. Menurut dia, realisasi dana desa bukan perkara bagaimana anggaran dapat terserap 100 persen, melainkan harus berhasil memberikan manfaat untuk desa. Hal tersebut dikatakan Presiden Jokowi di hadapan sejumlah pejabat dan ratusan perangkat daerah saat pembukaan.

Kegiatan Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX, dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PINDesKel) 2018 merupakan upaya strategis dalam penyebaran dan pemerataan informasi mengenai berbagai inovasi yang telah dilakukan di desa dan kelurahan secara nasional atas keberhasilan program penataan pemerintah desa dan kelurahan dengan sasaran tercapainya masyarakat desa dan kelurahan yang maju, mandiri dan sejahtera.

 Peserta Gelar TTG ini diikuti oleh seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi memperkenalkan produk inovasi hasil temuan warga dan teknologi terapan hasil binaan Balai latihan Masyarakat Denpasar berupa hidroponik. Pada kesempatan ini Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi memperkenalkan produk dari warga transmigrasi berupa kopi dan lada. Kopi yang diperkenalkan kepada pengunjung yaitu hasil dari Kabupaten Bener Meriah, Aceh, dan Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Selain itu ada lada putih dan lada hitam dari Kawasan Transmigrasi Mahalona. Disamping itu dibagikan juga buku “Wajah Baru Transmigrasi” kepada pengunjung. Acara Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX, dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PINDesKel) 2018 sesuia jadwal ditutup tanggal 21 Oktober.

 

 

RT