PEMBUKAAN PENYUSUNAN ANALISIS BEBAN KERJA, DITJEN PKTRANS KOMITMEN PERKUAT REFORMASI BIROKRASI


  Sabtu, 10 Nopember 2018 Kegiatan Ditjenpktrans

SUSUN ANALISIS BEBAN KERJA,

DITJEN PKTRANS KOMITMEN PERKUAT REFORMASI BIROKRASI

 

Bekasi-Dalam rangka mewujudkan good governance dan meningkatkan performance, Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi menyelenggarakan Penyusunan Analisis Beban Kerja (ABK) yang dilaksanakan pada Kamis-Sabtu, 8-10 November 2018 di Hotel Horison Bekasi. Kegiatan ini diikuti oleh para pemangku jabatan yang terdiri atas pejabat Eselon III, Eselon IV, dan Pejabat Fungsional dilingkungan Ditjen PKTrans.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Ir. Arif Pribadi, M.Si menegaskan, “Penyusunan ABK merupakan kelanjutan dari Penyusunan Analisis Jabatan (Anjab), dan akan menjadi acuan bagi kita untuk menentukan kebutuhan pegawai di Ditjen PKTrans. Oleh sebab itu, kami berharap penyusunan ABK ini menghasilkan output yang konkrit agar dapat mewujudkan good governance dan meningkatkan performance Ditjen PKTrans. Selain itu, ABK ini merupakan salah satu bentuk komitmen kita dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi”.

ABK merupakan proses yang dilakukan secara sistematis untuk mengetahui jumlah pegawai yang diperlukan berdasarkan sejumlah target pekerjaan atau target hasil yang harus dicapai dalam satu kesatuan waktu tertentu. Penyusunan ABK merupakan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Pada pasal 56 ayat (1) disebutkan, “Setiap instansi Pemerintah wajib menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PNS berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja”.

Dengan tersusunnya ABK, Ditjen PKTrans dapat melakukan penyusunan rencana kebutuhan riil pegawai sesuai dengan beban kerja. Selain itu, ABK juga menjadi tool dalam penataan struktur organisasi, seleksi dan rotasi pegawai, bahan penyempurnaan system dan prosedur kerja, dan penilaian kinerja dengan metode sasaran kinerja pegawai.

Pelaksana Penyusunan ABK, Ganjar Kusmana, SH, Kepala Bagian Hukum, Organisasi dan Tata Laksana Setditjen PKTrans berharap, “semoga penyusunan ABK ini selesai sesuai dengan target sehingga pada tahun anggaran 2018 ini dapat ditetapkan dan menjadi acuan yang ideal. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kasih kepada seluruh peserta yang terlibat dalam penyusunan ABK ini”. (Syah)   

 

(IL)