KUNKER DIRJEN PKTRANS KE KTM SALOR KAB. MERAUKE


  Jumat, 16 Nopember 2018 Kegiatan Ditjenpktrans

 

Dirjen PKTrans, M Nurdin memulai kunjungannya Rabu (15/11/2018) dengan mengunjungi warga transmigran di Kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Salor. Dalam kunjungan kerja kali ini Dirjen PKTrans didampingi oleh Willem Wandik, anggota komisi V DPR RI, serta Direktur pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana kawasan transmigrasi Sigit Mustopa, dan Direktur promosi dan kemitraan Heriyanto. Kunjungan kerja ini sebagai komitmen dan keseriusan pemerintah khususnya Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dalam upaya membantu mempercepat pembangunan ekonomi di wilayah KTM Salor. Dalam kunjungannya ke KTM salor, Dirjen PKTrans menyerahkan bantuan kepada warga transmigran berupa bantuan kegiatan belajar mengajar SMA/SMK 1 paket, Bantuan kegiatan belajar mengajar SD 2 Paket, bantuan Rice miling Unit (RMU) 1 unit, bantuan rehabilitasi jalan KTM Salor sepanjang 1,6 KM, serta DAK bidang transportasi tahun 2018 berupa  moda transportasi darat (2 unit), moda transportasi air (5 unit), tambahan perahu (5 unit) dan jalan non status sepanjang 2,3 KM.

selain mengunjungi warga transmigran di Salor, M Nurdin juga melaksanakan tanam perdana kelapa sawit di Distrik Ulilin kabupaten Merauke untuk melaksanakan program kemitraan dengan PT. Internusa Jaya Sejahtera (IJS) penanaman kelapa sawit di area Transmigrasi yang melibatkan kurang lebih 1000 warga.

M Nurdin menyatakan “tiga point penting pertama kerjasama ini untuk peningkatan ekonomi atau kesejahteraan warga, kedua mengurangi kesenjangan, tiga pembangunan harus adil dan merata. Program ini mensupport kebijakan Presiden dan wakil presiden dalam rangka membangun kawasan di perbatasan.

Kegiatan Dirjen PKTrans diakhiri dengan mengadakan rapat temu bisnis investor yang diselenggarakan di hotelSwissbell Merauke (16/11/2018) yang dihadiri perwakilan dari PT. Internusa Jaya Sejahtera, Dinas Transmigrasi Kabupaten Merauke serta pejabat dilingkungan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi. Hasil rapat tersebut menyepakati kerjasama dengan pihak swasta yang didukung pemerintah daerah kabupaten Merauke. Diharapkan kerjasama ini bisa berjalan lancar sesuai target dan sasaran guna mengangkat perekonomian warga, menghindari kesenjangan dan pemerataan pembangunan, khususnya di permukiman transmigrasi.

Dengan kunjungan ini diharapkan masyarakat di Kabupaten Merauke, khususnya masyarakat transmigran dapat hidup lebih makmur dengan adanya bantuan dari Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi serta adanya investor yang menginvestasikan bisnisnya di kawasan transmigrasi.

 

 

(YH)