Cegah Virus Corona Warga, TNI, dan Polri Jaga Pintu Masuk KPB Kobisonta


  Rabu, 01 April 2020 Berita Ditjenpktrans

Mengikuti Pedoman Protokol Kesehatan Pemerintah Republik Indonesia, warga di Kawasan Perkotaan Baru (KPB) Kobisonta, Desa Sariputih, Kecamatan Serutim, Maluku Tengah melakukan pencegahan persebaran Corona Virus Disease (Covid 19) di Pelabuhan Kobi Sadar.

Pelabuhan Kobi Sadar merupakan salah satu pintu masuk ke KPB Kobisonta. Warga dibantu aparat desa, TNI, dan Polri melakukan pengecekan suhu tubuh dan mendata setiap orang yang akan masuk KPB Kobisonta melalui Pelabuhan Kobi Sadar.

Selain itu para petugas yang berjaga menyemprotkan cairan disinfektan ke area sekitar pelabuhan dan rumah warga yang ada di kawasan pelabuhan. Upaya pencegahan yang dilakukan para petugas bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus dan mewujudkan KPB Kobisonta bebas dari Corona Virus Disease (Covid-19).

Seperti diketahui, Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, hingga kematian. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Virus Corona pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Virus Corona adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia), Mers, dan Sars.

Gejala awal infeksi Virus Corona atau COVID-19 bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu, gejala bisa memberat. Pasien bisa mengalam demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Gejala-gejala tersebut muncul ketika tubuh bereaksi melawan virus Corona.