Cegah Penyebaran COVID-19, Dirjen Beri Arahan Pendamping Transmigrasi


  Kamis, 02 April 2020 Berita Ditjenpktrans

Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi, M. Nurdin, melakukan teleconference dengan para Petugas Pembina Pengembangan Satuan Permukiman Transmigrasi (P3SPT) dan Tenaga Pendamping Pengembangan Satuan Permukiman (TP2SP), Senin (30/3). Para TP2SP dan P3SPT merupakan salah satu garda terdepan di wilayah permukiman transmigrasi yang dapat mencegah penyebaran virus COVID-19 di permukiman transmigrasi.

Dirjen PKTrans memberikan arahan terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat di permukiman transmigrasi ditengah mewabahnya COVID-19. Selain menanyakan kabar kesehatan anggota tim P3SPT dan tim TP2SP, Dirjen juga memberikan arahan kepada tim dengan mewabahnya virus COVID-19 yang sudah masuk ke Indonesia, maka Dirjen mengharapkan peran dari tim TP2SP dan P3SPT untuk membantu mencegah virus tersebut masuk ke dalam permukiman transmigrasi. Diharapkan tim yang di tugaskan di permukiman transmigrasi dapat menginformasikan dan mengedukasi warga masyarakat tentang apa iitu virus COVID-19, bahayanya bagi manusia, cara penyebarannya serta penanganan apabila ada warga transmigran yang memiliki gejala klinis mirip gejala terkena COVID-19.

Harapannya dengan informasi yang lengkap terhadap cara pencegahan dan penanggulangannya, virus COVID-19 tidak sampai masuk ke permukiman transmigrasi. Tim TP2SP dan P3SPT juga melaporkan sampai saat ini tidak ada kasus dengan gejala mirip COVID-19 di permukiman transmigrasi. Terakhir, Dirjen berpesan kepada TP2SP dan P3SPT untuk tetap semangat bekerja, selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat serta aktif melaporkan kondisi permukiman transmigrasinya.