Kiat Pencegahan Penyebaran COVID-19


  Kamis, 02 April 2020 Berita Ditjenpktrans

Semakin hari penyebaran corona virus disease (Covid-19) semakin meluas, namun #SobatTrans tidak perlu panik dan khawatir yang berlebihan. Agar Covid-19 tidak menyebar sampai ke tempat tinggal kita, khususnya kawasan transmigrasi, kita perlu mengetahui informasi yang lengkap tentang apa itu corona virus disease (Covid-19), serta bagaimana mencegahnya.

Apa sih corona virus disease (Covid-19) ? Corona virus disease atau yang disingkat COVID-19 adalah virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernafasan. Gejala yang timbul apabila seseorang terjangkit COVID-19 antara lain demam diatas 38 derajat Celcius, batuk kering, sesak nafas dan lemah/letih/lesu.

Agar tidak tertular virus tersebut, dapat melakukan langkah pencegahan antara lain :
1. Mencuci tangan dengan sabun
2. Gunakan masker apabila batuk pilek
3. Konsumsi gizi seimbang
4. Tutup dengan lengan saat batuk
5. Menyemprot disinfektan pada benda-benda yang sering kena sentuhan tangan (gagang pintu, pegangan tangga dan lainnya)
6. Membatasi menyentuh wajah dengan tangan
7. Jaga jarak dengan orang lain > 1 meter
8. Menghindari jabat tangan
9. Menghindari aktivitas di luar rumah dengan banyak orang
10. Konsumsi vitamin

Apabila #SobatTrans atau kerabatnya mengalami gejala terpapar virus COVID-19 seperti diatas, dapat melakukan langkah untuk melakukan isolasi mandiri di rumah dengan membatasi bertemu dengan orang lain. Apabila gejala tersebut berlanjut sampai beberapa hari agar segera ke fasilitas layanan kesehatan.

Dengan mendapatkan informasi yang cukup semoga #SobatTrans dapat mencegah penyebaran COVID-19 khususnya di kawasan transmigrasi, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan. Untuk lebih jelasnya dapat melihat infografis pada gambar.