HW Trans KPB Batu Betumpang serahkan 1500 masker ke Gubenur Bangka Belitung


  Kamis, 09 April 2020 Berita Ditjenpktrans

Transmigran yang tergabung dalam kelompok usaha Himpunan Wirausaha Transmigrasi (HW Trans) KPB Desa Batu Betumpang menyerahkan bantuan berupa 1500 masker kepada Gubernur Bangka Belitung. Masker tersebut rencananya akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Kepala Bidang Ketransmigrasian, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bangka Belitung, Yurismansyah mengatakan kegiatan ini dilakukan terkait kebijakan pemerintah untuk mendukung penggunaan masker oleh semua orang di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Semoga dengan adanya kegiatan tersebut dapat membantu warga setempat khususnya kawasan KPB batu betumpang," kata Yurismansyah, Rabu (8/4/2020).

Pembuatan masker ini merupakan bagian dari kegiatan pemberdayaan masyarakat transmigrasi di kawasan KPB Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar, Bangka Selatan.

Proses pembuatan melibatkan melibatkan warga masyarakat yang terlibat di anggota HW Trans KPB Batu Betumpang. Mereka tergabung dalam unit usaha konveksi yang dibina langsung Disnakertrans Provinsi dan Kabupaten Bangka Selatan.

"Bahan yang digunakan untuk pembuatan masker adalah katun oxford, bahannya lebih halus dan seratnya lebih rapat. Sehingga lebih layak dipakai untuk bahan masker," imbuh Yurismasnyah.

Seperti dikatakan juru bicara Penanganan Covid-19 Republik Indonesia, masker kain dapat dijadikan alternatif bagi masyarakat mengingat masker tenaga kesehatan yang mulai menipis. Hal tersebut dijadikan acuan para transmigran di KPB Batu Betumpang untuk membuat masker dari kain.

"Ini semua didanai dari dana TP APBN Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi dalam rangka pemberdayaan masyarakat transmigrasi akibat dampak Covid-19 ini," ucap Yurismasnyah.

Masker buatan unit konveksi HW Trans Batu Betumpang ini diserahkan langsung secara simbolis oleh Gubernur Bangka Belitung didampingi Kapolda Babel Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bangka Belitung, dan Camat Pulau Besar kepada warga masyarakat setempat.

Selain membuat masker dari kain , Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bangka Belitung juga membuat kebun percontohan untuk tanaman herbal seperti jahe, kunyit, dan temulawak. Tanaman herbal diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh manusia.

"Semoga wabah Corona ini cepat berakhir dan kita bisa berbuat lebih baik lagi," pungkas Yurismansyah.