Tim Ketahanan Pangan Nasional Ditjen PKTrans Tinjau Lokasi Lumbung Pangan di Kabupaten Kapuas


  Rabu, 24 Juni 2020 Berita Ditjenpktrans

Tim survey lapangan Ketahanan Pangan Nasional Ditjen PKTrans meninjau langsung lahan yang akan dikembangkan sebagai lumbung pangan nasional. Lokasinya ada di Kawasan Perkotaan Baru (KPB) Lamunti, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Barat.

Selama tujuh hari tim terjun ke lapangan untuk validasi lahan, infrastruktur dan mencocokan data yang didapat. Selama ke lapangan tim dibagi menjadi beberapa rombongan untuk memenuhi kebutuhan data apa saja yang dibutuhkan, sehingga hasilnya lebih optimal.

Tim Ketahanan Pangan Ditjen PKTrans dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi.
Seluruh Perangkat Dinas Kabupaten Kapuas dikerahkan untuk membahas bersama program ketahanan pangan nasional ini.

Mulai dari pemetaan lahan, infrastruktur, permasalahan tanah, hingga audiensi langsung dengan para transmigran yang ada di lokasi dikerjakan oleh Tim Survey. Semua dikerjakan untuk mendapatkan hasil yang optimal sehingga program ketahanan pangan nasional ini mensejahterakan para transmigran.

Dalam peninjauan ke lapangan, Dirjen PKTrans bertemu dengan Menteri PUPR yang juga sedang meninjau langsung peta tata guna air di Kabupaten Kapuas. Keduanya berdiskusi hasil survey lapangan untuk mendukung program Presiden tersebut dalam ketahanan pangan nasional.

Di hari terakhir, Tim Survey bersama dengan jajaran Dinas Kabupaten Kapuas melakukan sejumlah Rapat Virtual serta FGD membahas hasil lapangan yang sudah didapatkan. Bupati Ben Brahim S Bahat secara langsung menginstruksikan kepada para Kepala Dinas di Kabupaten Kapuas yang hadir untuk segera menindaklanjuti Program Ketahanan Pangan Nasional tersebut.

Ia menyatakan bahwa hasil tinjau lapangan Tim Ditjen PKTrans merupakan titik terang bagi Kabupaten Kapuas yang akan dijadikan Lumbung Pangan Nasional. Bupati Ben juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Ketahanan Pangan Ditjen PKTrans yang telah melakukan survey dan identifikasi ke lapangan demi kemajuan masyarakat Kapuas.