Wakil Menteri ATR/BPN Serahkan Sertifikat Tanah Warga Transmigran di Provinsi Sulawesi Barat


  Selasa, 13 Oktober 2020 Berita Ditjenpktrans

Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi, M. Nurdin bersama Direktur Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi, Hari Pramudiono, mendampingi Wakil Menteri ATR/BPN, Surya Tjandra menyerahkan Sertipikat Hak Milik (SHM) warga transmigran, di Kawasan Perkotaan Baru (KPB) Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, Selasa (13/10).

Rombongan disambut oleh Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar, di Bandara Tampa Padang, Mamuju. Selanjutnya rombongan menempuh jalur darat menuju KPB Tobadak.

Di KPB Tobadak, Wamen ATR/BPN menyerahkan sertipikat sejumlah 1.225 bidang SHM untuk 5 kabupaten, dengan rincian UPT Saluandeang Kab. Mamuju Tengah 185 bidang, UPT Sinyonyoi Kab. Mamuju 348 bidang, UPT Botteng Passembuk Kab. Mamasa 379 bidang, UPT Patambanua Kab. Polewali Mandar 87 bidang, dan UPT Salutambung & UPT Tandeallo Ulumanda di Kab. Majene masing-masing 91 & 135 bidang.

Dirjen PKTrans dalam sambutannya bangga dengan cepatnya penerbitan sertipikat, "Hari ini merupakan penerbitan sertipikat tanah transmigrasi tercepat, seperti di UPT Saluandeang yang pada tahun 2019 ditempatkan, hari ini sertipikat sudah diserahkan." Dirjen juga berterima kasih kepada pemerintah daerah, kementerian ATR/BPN, dan dukungan lintas sektor serta dukungan masyarakat.

Wamen ATR/BPN dalam sambutannya mengucapkan terima kasih, berkat kolaborasi dan sinergi yang baik dengan Kementerian Desa PDTT, khususnya Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi. Diharapkan percepatan penerbitan Sertipikat Hak Milik warga transmigran dapat terwujud.

Menyampaikan pesan Menteri Desa PDTT, Dirjen PKTrans berpesan kepada seluruh transmigran yang mendapat sertipikat agar tidak diperjualbelikan. Namun, berharap sertipikat yang ada menjadi modal untuk dikapitalisasikan dengan BUMDes dan Koperasi menjadi Korporasi dan dicarikan kerjasama mitra dengan perusahaan sebagai off-taker.

Pada kesempatan tersebut juga diingatkan tentang pemanfaatan Dana Desa di Provinsi Sulawesi Barat.