Peningkatan Kapasitas SDM Dalam Rangka Mendukung Program Ketahanan Pangan


  Jumat, 27 Nopember 2020 Berita Ditjenpktrans

Tingkatkan Kualitas SDM Transmigran di Kabupaten Kapuas, Direktorat Jenderal PKTrans selenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di kawasan transmigrasi di Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan/Training of Trainer (TOT) kepada masyarakat transmigrasi untuk siap dan menjadi kader dalam mendukung program ketahanan pangan di kawasan transmigrasi dadahup, Kabupaten Kapuas.

Kegiatan berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 27 -30 November 2020. Adapun pelatihan dibagi menjadi 3 kelas dengan materi berbeda, antara lain materi budidaya tanaman padi, manajemen kelembagaan dan strategi pemasaran produk.

Perserta pelatihan sejumlah 90 orang yang merupakan warga transmigran di Desa Bentuk Jaya, Desa Bina Jaya, Desa Patak Betuah, Desa Hamparan Baru, Desa Sumber agung, Desa Dadahup, Desa Manuntung, Desa Tanjung Harapan serta Desa Kahuripan permai.

Kegiatan ini juga melibatkan Penggerak Swadaya Masyarakat yang ada di Balai Latihan Masyarakat Banjarmasin @balatmas.bjm serta melibatkan juga Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang Kalimantan Selatan Kementerian Pertanian.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi, M. Nurdin. Turut hadir pada acara pembukaan di balai desa Bentuk Jaya antara lain Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kapuas, Direktur Pengembangan Sosial Budaya Transmigrasi, Dewi Yuliani , Direktur Pengembangan Usaha Transmigrasi, Supriadi , Kepala Balai Latihan Masyarakat Banjarmasin serta para narasumber.

Tentunya kegiatan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan membekali peserta dengan masker, menyediakan hand sanitizer, tempat cuci tangan dengan sabun serta pengecekan suhu tubuh kepada peserta kegiatan.